Rumor Reshuffle Kabinet dan Manuver Para Calon Menteri

http://images.detik.com/content/2010/07/21/10/sby-pidato.jpghttp://images.detik.com/content/2011/08/12/10/SBY-dan-Boediono-(Cahyo-rumgapres)-dalam.jpg

SBY tengah melakukan finalisasi rencana reshuffle kabinet. Rumor pergeseran menteri pun kian ramai, seiring manuver politik nama-nama yang disebut-sebut sebagai calon menteri.

Sejumlah menteri seperti Menteri ESDM Darwin Saleh, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, dan Menkeu Agus Martowardojo diyakini akan direshuffle. Sejumlah nama seperti Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan disebutkan akan menduduki kursi Menkeu, seiring munculnya nama Dirut Pertamina Karen Agustiawan yang disebut akan menduduki posisi Menteri ESDM.

"Kalau yang diisukan digeser ada juga Menko Kesra Agung Laksono dan Menteri Perindustrian MS Hidayat," ujar sumber detikcom yang juga Sekjen salah satu parpol koalisi, Jumat (7/10/2011).

Isu pergeseran dua nama menteri Golkar itu disebut-sebut terkait dengan manuver politik sejumlah elit Golkar. Calon yang didorong-dorong dari internal Golkar untuk menggantikan Agung adalah Wakil Ketua Umum Golkar Sharif Cicip Sutarjo.

Cicip Sutarjo sendiri termasuk kader yang tengah naik daun di internal Golkar. Ia orang terdekat Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie, ia baru saja dilantik menjadi Wakil Ketua Umum Golkar. Cicip juga telah melempar wacana untuk membawa pemerintahan lebih peduli kepada rakyat kecil. Namun Cicip membantah mengincar kursi menteri.

"Saya menyerahkan kepada presiden," ujar Cicip saat dikonfirmasi detikcom.

Selain itu masih ada Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, juga menteri PDT Helmy Faizal yang juga masuk wacana menteri yang akan direshuffle.

"Wah kalau isu itu saya buta," kilah Ketua DPP PKB, Marwan Jafar, saat dikonfirmasi seputar isu pergantian Menteri PDT yang juga kader muda PKB.

Nama Menteri Pertanian dari PKS, Suswono, juga disebut-sebut akan digeser. "Kalau yang ini Anas mendorong Jafar Hafsah menjadi Menteri Pertanian. Makanya Jafar pun mulai jarang muncul di media lagi," tutur sumber tersebut.

Selain menteri-menteri yang terancam direshuffle, ada juga isu pergeseran kursi menteri yang tak kalah seru. Sejumlah menteri diisukan akan bertukar kursi pekerjaan.

"Menpora mau dipindah ke Menkominfo, Menkominfo dipindah ke Menakertrans. Karena Menakertrans mintanya dipindah, kemungkinan ke Menpera. Menpera diganti dari partai asalnya," ujar sumber detikcom.

Pergantian ini disebut-sebut menyangkut proyek Sea Games yang terancam gagal. Menpora Andi Mallarangeng disebutkan meminta posisinya dipindah. "Namun belum ada kepastiannya," terangnya.

Lalu kapan sebenarnya Presiden akan mengumumkan reshuffle kabinet? "Tadinya mau tanggal 7 ini, tapi kemungkinan finalisasi dulu, kira-kira tanggal 20 Oktober baru diumumkan," jelas sumber tersebut.


(van/fjp)




sumber :http://www.detiknews.com/read/2011/10/07/085459/1738697/10/rumor-reshuffle-kabinet-dan-manuver-para-calon-menteri?9911012

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine