[WoW] Wajah Jakarta Di era 1977an dalam Kartu Pos


Agan pasti tahu yang namanya kartu pos....!!!!

Kartu pos adalah selembar kertas tebal atau karton tipis berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk menulis dan pengiriman tanpa amplop dan dengan harga yang lebih murah daripada surat.

Awalnya, pemerintah secara resmi tidak mengizinkan pihak swasta mencetak kartu pos bergambar, seperti untuk iklan bisnis atau dagang. Namun, akhirnya larangan itu dicabut secara resmi dan pihak swasta diizinkan mencetak kartu pos bergambar.
Ada hal menarik sehubungan dengan kartu pos bergambar ini. Pada 1898 firma H.Bunning mengeluarkan seri kartu pos Yogyakarta, Prambanan dan Borobudur. Salah satu kartu pos bergambar patung Buddha di Borobudur. Kartu itu lalu dikirim ke Belanda sebagai kartu ucapan tahun baru.

Kebanyakan gambar-gambar kartu pos merupakan hasil reproduksi foto. Foto-foto itu merupakan hasil kerja fotografer yang sudah dikenal, seperti dari firma Woodbury & Page di Batavia, Chephas di Yogyakarta. Terkadang foto-foto yang dipergunakan untuk kartu pos merupakan gambar yang diambil sepuluh tahun lalu (abad ke-19). Biasanya gambar yang diambil adalah situasi sehari-hari kemordernan Eropa di tempat nun jauh di sana. Serta keberhasilan yang telah mereka capai di negeri koloni, seperti gambar pabrik, pelabuhan, gedung kesenian yang disandingkan dengan 'keeksotisan' alam Hindia Belanda, seperti gambar gunung berapi

nah kali ini ane ingin berbagi informasi ternyata dulu itu di tahun 1977an kartu pos ada background nya, dan bukan hanya sembarang background melainkan ini adalah tampak kota jakarta pada saat itu

Langsung aja yah gan, karena emang ane berdasarkan sumber


Spoiler for Wajah Jakarta 1977:


Ini di Wisma Hayam Wuruk gan

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:


Nah, nyang ini di Stasiun Kota Beos, bentuknya masih kuno gan

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:


Monas di waktu malam
, kayaknya sepi banget tuh

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:

siangnya monas terlihat lebih asri gan, Monas dan monumen Pangeran Diponegoro

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:


Woooow, itu kolam yg dulunya bisa joget gan, tp sekarang udah gak ada yah
Monas dan Kolam air mancur Joged

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:

wah, klo Bundaran Air Mancur dan MH Thamrin kyk dl , nyaman bener dah jakarte

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:


ini juga Masjid Al Azhar Kebayoran Baru masih sepi, skr udah banyak gedung nya gan

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:


Simpang Kebon Sirih dan Jl MH Thamrin udah mulai ramai, pasti pas jam kerja nih

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:


Jalan Surabaya (Pasar antik)
ane baru nih gan , beneran !!!

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:


Hotel Borobudur bentuknya jadul abis gan, skr udah mewah yah

Spoiler for Wajah Jakarta 1977:


Bundaran HI tampak atas , manstabsss






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1049580
 

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine