[Nature] Konservasi Penyu Indonesia / Indonesian Sea Turtle Conservation




Quote:
Indonesia memiliki lebih dari seperempat jenis ikan air tawar dan ikan air laut di dunia. Selain itu, lebih dari 550 spesies terumbu karang (corals) hidup di Indonesia. Luasan terumbu karang yang terdapat di indonesia juga merupakan yang terbesar di dunia, kurang lebih 85.000 kilometer persegi. Masih banyak kekayaan hayati kelautan yang dimiliki indonesia indonesia, salah satunya adalah, 6 dari 7 spesies penyu (Sea Turtle) di dunia, ditemukan hidup di negeri yang terdiri dari 17.000-an pulau ini. Penyu tergolong hewan langkah yang terancam punah. Sebagai wilayah persarangan yang penting bagi jenis satwa ini, perlu sejumlah langkah konservasi. Baik konservasi in-situ maupun konservasi ex-situ.



Quote:
Our Local Conservation
Check This Out !

Taman Nasional Meru Betiri
Banyuwangi, Jawa Timur


Quote:
Pantai sukamade yang terletak di wilayah timur kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), merupakan salah satu habitat bertelurnya penyu di indonesia. Secara administratif pemerintahan, pantai ini terletak di desa Sarongan, kecamatan Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Spoiler for peta:






Quote:
Pantai sukamade merupakan satu-satunya habitat penyu hijau khususnya daerah lautan hindia yang bisa dijadikan sebagai tempat pemulihan populasinya, karena di daerah lautan hindia lainnya seperti : Pesisir bagian selatan di pulau sumatera (tidak ada manajemen pengelolaan yang jelas), pantai pangumbahan di jawa barat (dikonsesi oleh pengusaha penyu), pulau nusa barong di jawa timur (aksesilibitas dan pemantauan populasi tidak ada), sehingga sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan pemulihan populasi penyu hijau. Dalam rangka upaya pengelolaan populasi penyu hijau di sukamade, dipandang perlu membuat program bersama antara pihak pengelola, instansi terkait ataupun pihak-pihak yang peduli akan pelestarian penyu hijau.

Quote:
Pantai sukamade memiliki panjang kurang lebih 3 km yang didominasi oleh tumbuhan pandan laut (pandanus tectorius). Beberapa jenis penyu yang pernah naik di pantai sukamade adalah :

1. penyu hijau (chelonia mydas)
2. penyu belimbing (dermochelys coriacea)
3. penyu sisik (eretmochelys imbricata)
4. penyu slengkrah (lepidochelys olivacea).

Dari ke-4 jenis penyu tersebut yang paling dominan mendarat di pantai sukamade adalah penyu hijau. Penyu hijau (chelonia mydas) merupakan salah satu fauna yang menjadi ciri khas taman nasional meru betiri, yang dapat dijumpai di pantai sukamade, seksi pengelolaan taman nasional wilayah I sarongan kabupaten banyuwangi propinsi jawa timur. Penyu ini merupakan satwa lindung berdasarkan peraturan pemerintah republik indonesia no. 7 tahun 1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa. Oleh karena itu perlu dilakukan pengelolaan habitat penyu di pantai sukamade secara terarah, terpadu dan profesional agar populasi penyu di pantai ini tetap lestari.
Quote:

Spoiler for meru betiri:

teluk hijau


Spoiler for meru betiri:


Spoiler for meru betiri:


Spoiler for meru betiri:


Spoiler for meru betiri:


Spoiler for meru betiri:


Spoiler for meru betiri:


Spoiler for meru betiri:


Spoiler for meru betiri:


Spoiler for meru betiri:


Spoiler for meru betiri:

Pulau Penyu Tanjung Benoa

Nusa Dua, Bali


Quote:
Pulau ini memiliki keunikan tersendiri karena di sini dilakukan penangkaran dan pelestarian beberapa jenis penyu. Jumlah populasi penyu yang ditangkarkan mencapai 30 an ekor. Dari yang masih berupa telor yang menjalani masa penetasan, sampai penyu besar yang berusia 65 tahun. Banyak wisatawan menaruh minat yang besar untuk berkunjung ke pulau ini.

Quote:
Pulau memanjang seluas kurang lebih tiga hektar ini, lokasinya bersebelahan dengan desa Benoa. Bila berkunjung, agan bisa menikmati keindahan ikan-ikan dan terumbu karang karena perahu dirancang tembus pandang pada bagian bawahnya (glass botton boat). Berbekal remahan roti atau sisa-sisa roti anda bisa memancing ikan naik ke permukaan untuk disaksikan lebih dekat.


Quote:
Pelestarian penyu ini bernaung dibawah badan konservasi sumber daya alam. Mempekerjakan sekitar 30an orang, pada hari libur objek wisata ini bisa mendatangkan 1.000 pengunjung dalam sehari dan 300an orang pada hari-hari biasa. Di penangkaran ini para pengunjung juga dapat melihat ular phyton, burung elang laut yang jinak, burung rangkok, kelelawar raksasa, dll.




Quote:
Spoiler for pulau penyu:


Spoiler for pulau penyu:


Spoiler for pulau penyu:


Spoiler for pulau penyu:


Spoiler for pulau penyu:


Spoiler for pulau penyu:


Spoiler for pulau penyu:


Spoiler for pulau penyu:


Spoiler for pulau penyu:

Pangumbahan Turtle Park
Desa Pangumbahan, Cikepuh KSPL Chelonia UNAS, Jawa Barat



Quote:
Aktivitas pelestarian penyu di sana disertai kegiatan outbond. flying fox, dan permainan anak-anak. Sehingga penanaman melestarikan, melindungi, dan kecintaan terhadap penyu pada anak-anak dan warga setempat, dilakukan secara harmonis dan penuh keakraban.

Quote:
Saat-saat yang menyenangkan adalah manakala melihat seekor penyu naik ke darat, menggali pasir, bertelur, dan menutupnya. Kemudian, kembali ke laut. Bila ingin bertemu Penyu di darat harus menunggu di tepi pantai tempat lokasi bertelur. Butuh kesabaran menunggu penyu naik hingga berpuluh jam. Keheningan suasana menjadi syarat. Tak boleh berisik, karena penyu sensitif kegaduhan. Penyu berbalik kembali ke laut kalau merasa terusik.

Quote:
KSPL. konservasoris, dan Resort KSDA, berjuang memungut telur penyu hijau. Lalu, ditangkar secara semi alami di camp Citerum. Bila sudah menetas, tukik (anak penyu) dilepas ke laut bebas. Hanya saja, telur di sana sering dicuri pada siang hari - tatkala lepas pengamanan polisi hutan maupun pamswakarsa.

Quote:
Perburuan merupakan eksploitasi yang dapat mengancam kelangsungan populasi penyu laut. Pemburu dari warga sekitar masih bisa diajak kompromi. Tapi, pemburu dari luar, dan mereka pembawa modal besar yang menjadi sumber kepunahan dan petaka penyu laut. Kehadiran pemburu dari luar menyebabkan warga setempat tergiur, dan ramai-ramai berburu hewan bernilai ekonomi tinggi ini.

Quote:

Spoiler for pangumbahan:

Spoiler for pangumbahan:

penangkaran telur

Spoiler for pangumbahan:

Spoiler for pangumbahan:

Spoiler for pangumbahan:

Spoiler for pangumbahan:

Spoiler for pangumbahan:

Penangkaran Penyu Gili Trawangan & Gili Meno
Lombok Utara



Quote:
Taman penangkaran kura–kura atau penyu, yang dibangun atas sumbangan PT. Garuda indonesia, tahun 2008 di gili trawangan, kabupaten lombok utara cukup menambah daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung dikawasan wisata bahari itu. Dilokasi penangkaran yang terletak dipinggir pantai dengan bangunan seluas sekitar 10x 4 meter tersebut, para pengunjung dapat menyaksikan berbagai jenis anak penyu sebelum dilepas kehabitatnya.

Quote:
Saat ini pihak memelihara sebanyak 50 ekor anak penyu, dan untuk satu ekor anak penyu mulai dari 0 sampai 6 bulan membutuhkan 600 ribu rupiah perbulan, dengan asumsi empat kali makan ikan segar.

Quote:
Penangkaran ini membutuhkan biaya operasional minimal 6 juta rupiah perbulan. Biaya operasional sejauh ini ditanggung secara swadaya bahkan cenderung minus gan. Kasian yaaa

Quote:
Sementara pihak PT. Garuda indonesia, hanya membangun fasilitas penangkaran, namun tanpa biaya operasional, selanjutnya pengelolaannya diserahkan kepada pemda klu melalui Pemprov NTB. Dijelaskan, hingga saat ini belum ada bantuan dana operasional dari pemkab klu. Karenanya ia berharap pemda setempat, segera menggulirkan bantuan dana operasional untuk keberlangsungan pengelolaan taman penangkaran penyu gili trawangan.

Quote:
Seperti di Gili Trawangan, di Gili Meno juga terdapat Tempat Konservasi Penyu (turtle Conservation), akan tetapi di sini tempatnya lebih kecil, dan sedikit penyunya. Saat ini konservasi penyu di Gili Meno dilakukan oleh seorang warga. Konservasi penyu yang ada di Gili Meno merupakan cabang dari konservasi penyu yang ada di Gili Trawangan. Biaya perawatan diperoleh dari masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Gili Meno. Terdapat 3 (tiga) lokasi penetasan dan penangkaran di Gili Meno :

1. di depan Gazebo Hotel (sebelah timur)
2. Diana Kafe (sebelah barat)
3. Good Heart Bungalows

Quote:
Saat ini terdapat 40 ekor penyu di Gazebo Hotel, 17 ekor di Good Heart dan 60 telur penyu yang sedang ditetaskan di Diana Kafe. Telur penyu yang dipelihara di dapat dari pantai di sekitar pantai Gili Meno yang diperoleh dengan mencari dimana penyu meletakkan telurnya.

Quote:
Setelah penyu cukup umur, kemudian penyu tersebut dilepas ke laut. Pelepasan diikuti oleh para wisatawan dan warga sekitar. Hal ini dilakukan untuk menarik para wisatawan yang datang berkunjung ke Gili Meno. Beberapa jenis penyu yang pernah di lakukan penangkaran di Gili Meno :

1. Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata)
2. Penyu Hijau (Chelonia mydas)
3. Penyu Bawang
4. Penyu Batu

Penyu sisik merupakan penyu yang paling banyak ditemukan di Gili Meno.
Quote:

Spoiler for Gili trawangan&meno:

Spoiler for Gili trawangan&meno:

Spoiler for Gili trawangan&meno:

Spoiler for Gili trawangan&meno:

Spoiler for Gili trawangan&meno:

Spoiler for Gili trawangan&meno:

Spoiler for Gili trawangan&meno:

Spoiler for Gili trawangan&meno:

Taman Wisata Alam Air Hitam
Mukomuko Bengkulu



Quote:
Propinsi Bengkulu memiliki pesisir pantai yang beragam dari bengkulu bagian selatan sampai bengkulu bagian utara. Beberapa kawasan pantai sangat datar dengan kondisi berpasir halus sampai kasar. Seringkali ditemukan penyu mendarat di pantai – pantai bengkulu untuk bertelur baik itu di dalam kawasankonservasi maupun diluar. Diantara lokasi kawasan konservasi yang termasuk habitat bertelur penyu di bagian pantai bengkulu utara yaitu pada kawasan taman wisata alam air hitam.

Quote:
Bengkulu sebagai salah satu propinsi di indonesia yang wilayahnya berada disepanjang pesisiri pantai sumatera mempunyai banyak kawasan pantai, salah satunya taman wisata alam air hitam. Kawasan yang mempunyai luasan 433 ha ini secara administrasi berada di kecamatan pondok suguh, kabupaten mukomuko. Twa. Air hitam merupakan salah satu kawasan konservasi yang dikelola oleh balai konservasi sumber daya alam bengkulu sebagai salah satu unit pelaksana teknis departemen kehutanan yang ada didaerah.

Quote:
kawasan ini diketahui merupakan habitat alami penyu laut bertelur. Lokasi peneluran penyu pada sekitar pantai ipuh sampai dengan pantai pasar bantal terdapat di 3 lokasi yaitu : Muara air retak, muara air hitam dan muara air teramang.


Spoiler for TWA air hitam:


Quote:
Quote:
Quote:

Kuta Beach Sea Turtle Conservation
Kuta, Bali



Quote:
Berdirinya tempat konservasi ini dimulai dari sejak 2002, ketika Satgas Pantai Kuta, BKSDA Bali dan ProFauna bekerjasama melindungi penyu-penyu yang datang ke pantai Kuta untuk bertelur. Merelokasi telur-telur itu ke bak penetasan di tempat ini, supaya aman dari ombak dan gangguan manusia.

Quote:
Musim bertelur dimulai pada bulan Maret sampai September, dan akan mulai menetas dari Bulan Mei sampai Oktober. Dari 2002 sampai tahun 2009, lebih dari 12.000 tukik telah dilepaskan di Pantai Kuta, dan kira kira selama Tahun 2010 lebih dari 10.000 tukik telah dilepaskan. Konservasi Penyu ini mendapat dukungan penuh dari Coca Cola Amatil Indonesia, Quick-silver, Satgas Kuta, ProFauna Indonesia, Inna Kuta Hotel & Resorts, BKSDA dan Pemkab Badung.

Quote:
P.S. : Ada juga Turtle Conservation and Education Centre (TCEC). Berada di Pulau Serangan Bali sejak 2006 gan.
Quote:

Spoiler for Kuta:

Spoiler for Kuta:



Gimana Gan ? Kita harus menjaga kelestarian Penyu bersama-sama. Mulailah dengan diri sendiri untuk selalu memperhatikan lingkungan.

Jangan sampai kita membahayakan kehidupan mereka. Support selalu kehidupan Penyu agar terhindar dari kepunahan, Okeee Gaaaaaannnn






sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7419464

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine