Kegendutan, Kaki Kuda Ini Bengkok

What a turn up: Jerry was rescued from a field of cows where he had been over fed, which experts say is as cruel as under feeding


SOMERSET - Berderap dengan gagah di antara rerumputan dan menikmati derai angin hanyalah impian bagi seekor kuda jantan bernama Jerry, yang sempat menderita obesitas. Namun kini ia bisa menikmati hidup layaknya seekor kuda.

Sebelum dia ditemukan oleh Joanne Vaughn dari Horse World, sebuah pusat rehabilitasi kuda, Jerry adalah kuda malang yang ditinggalkan pemiliknya di peternakan sapi.

Sebagaimana dikutip dari Dailymail, Jumat (16/9/2011), di sana Jerry tidak terawat dengan baik. Yang terburuk, tulang kuku kaki-kaki Jerry yang tak terawat itu terus tumbuh memanjang hingga 30 sentimeter dan membuat Jerry tampak seperti sedang memakai sepatu Aladin.
Ali Baba: Jerry's painful hooves made him look like he was wearing a pair of extra long Turkish slippers

Jerry yang saat itu kelebihan bobot hingga 127 kilo (20 stone) dan nyaris tidak dapat berjalan, semakin tersiksa dengan kondisi tulang kukunya yang memanjang dan membengkok. Kondisi itu membuatnya kesakitan bila berjalan. Bahkan, sinar-X menunjukkan bagaimana tulang kuku Jerry telah bengkok dan tulang kukunya bisa menembus telapak kuku.

Selama di pusat rehabilitasi, Jerry mendapatkan perawatan dengan baik. Dalam enam bulan, secara mengejutkan Jerry telah menghilangkan timbunan bobot tubuh hingga 114 kilogram (18 stone). Kuku kaki Jerry yang kotor dan panjang itu pun telah mendapatkan perawatan.

Kini Jerry telah kembali menjadi seekor kuda sejati yang tampan. Dia dapat kembali berderap dengan lincah dan tanpa perlu kesakitan karena kuku kaki bengkok yang menyakitkan.


(kiri) Kondisi kaki Jerry sebelum dirawat, (kanan) Jerry yang telah kembali menjadi kuda gagah/SWNS



sumber :http://international.okezone.com/read/2011/09/16/214/503384/kegendutan-kaki-kuda-ini-bengkok

 

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine