Inikah Sosok Asli Pemilik Akun Twitter @Poconggg?

PARA pengguna Twitter di Indonesia tengah berduka. Salah seorang seleb Twitter, @Poconggg sedang mogok nge-tweet. Gara-gara sosok aslinya ketahuan?

Belum jelas betul. Yang pasti, identitas pemilik akun yang acapkali mencetak worldwide Trending Topic ini tengah diusik sebuah akun yang nama pemiliknya juga dirahasiakan.

Akun @SiapaPoconggg membuat geger jagad Twitter di tanah air sejak mengungkap hasil penyelidikannya terhadap sosok di balik akun @Poconggg. Dalam blog pribadinya, siapapocong.wordpress.com, Mr. X yang mengaku sebagai detektif Twitter ini menyebutkan, pemilik akun @Poconggg ialah Muhammad Arief, seorang mahasiswa hukum Trisakti. Selain aktif dengan akun pseudonym, Arief terdaftar di Twitter sebagai @ariefmuhammad.

"Jadi waktu itu saya mau wawancara dengan @Poconggg, tapi dia tidak bersedia diwawancara. Kontak personnya bilang nggak ada yang boleh tahu siapa dia sebenarnya. Saya jadi penasaran.

"Saya jadi pengen tahu siapa @Poconggg sebenarnya. Terus saya tanya-tanya ke kontak-kontak saya,ternyata ada orang yang MENAWARKAN DIRI untuk ngasih tahu siapa @Poconggg. Dia mengaku temen dari temennya @Poconggg, kita sebut saja orang ini "L". Syaratnya, saya harus bayarL sebanyak 500 ribu rupiah. Saya bayar dia.

"L menyebut twitter asli si @Poconggg adalah ariefmuhammad. Saya tidak langsung percaya. Saya nyoba untuk kroscek."

Berbekal rasa penasaran, @SiapaPoconggg kemudian menelusuri identitas ariefmuhammad mulai dari nama-nama pengguna Twitter dalam daftar followingnya, hingga foto-foto yang diunggah lewat akun Twitter. Ditemukanlah nama-nama seperti @benakribo, @shitlicious, @radityadika, hingga ansyafrani yang disebut-sebut sebagai editor buku Poconggg Juga Pocong (PJP) yang ditulis @Poconggg beberapa waktu lalu.
Foto Arief Muhammad yang disebut sebagai sosok asli @poconggg di akun Facebook-nya.
(dok.Facebook)
"Nah, si @ariefmuhammad ini bukan artis, followersnya dikit, dan @benakribo, Windy Ariestanty (pemimpin redaksi Gagas Media, penerbit buku Poconggg Juga Pocong), Shitlicious, Raditya Dika (dan Ansyafrani) berasal dari lingkungan teman dan umur yang beda. Maka, mereka nggak mungkin follow @ariefmuhammad dengan alasan lain, selain @ariefmuhammad adalah @Poconggg yang sebenarnya!!!"

Penelusuran @SiapaPoconggg juga berlanjut ke daftar foto-foto yang diunggah ariefmuhammad lewat fitur Lockerz. Di situlah, dia menemukan foto tumpukan buku PJP di sebuah toko buku. Akun @ariefmuhammad disebut-sebut tengah memeriksa hasil penjualan PJP, namun mengunggah foto itu di akun yang salah, yaitu akun pribadinya, bukan @Poconggg.

Sejak diungkapnya identitas @Poconggg a.k.a @ariefmuhammad, akun yang diikuti nyaris 800 ribu followers itu lantas menghilang. Sebagian menduga akun @Poconggg di-hack orang tak dikenal, sebagian lagi menyebutkan si empunya akun sedang berupaya menyelesaikan masalah dengan oknum yang mencoba mengulik identitasnya.

Walau sang idola mogok ngetwit, dukungan tetap mengalir dari para follower setia. Setiap jamnya, rata-rata 450 tweet yang me-mention @Poconggg muncul di timeline. Kebanyakan dari mereka ingin @Poconggg kembali ke dunia Twitter, tak peduli siapa manusia di balik akun dari 'dunia lain' itu. Raditya Dika, yang disebut-sebut sebagai orang yang memperkenalkan @Poconggg ke penerbit Gagas Media, menjanjikan kehadiran si hantu berbalut kain kafan itu dengan segera.

"Buat yang nanya-nanyain gue dari tadi, akun @Poconggg enggak di-hack. Dia rencananya besok mau ngetwit buat konfirmasi. Udah yee jangan pada nanya-nanya gue lagi," tutur Raditya Dika semalam, Selasa (6/9), melalui akun Twitternya.

Lalu siapa @Poconggg sebenarnya? Mungkin kita harus menunggu konfirmasinya seperti yang dijanjikan Raditya Dika. Mungkin juga, @Poconggg sedang sibuk bergentayangan seperti biasa. Lompat. Lompat. Lompat.

( Sumber: http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/tekno/15567-betulkah-sosok-asli-twitter-poconggg-sudah-terungkap.html )

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine