Foto Pertama : Lubang Hitam Raksasa Menghancurkan dan Menelan Sebuah Bintang

Sebuah jet kosmik yang  menakjubkan dari lubang  hitam raksasa yang  mengancurkan kemudian  menelan sebuah bintang,  berhasil diabadikan oleh  para astronom untuk pertama  kalinya.
Peristiwa langka dari salah  satu kekuatan paling kuat di  alam semesta ini,  menunjukkan aliran plasma  mengalir keluar dari lubang  hitam raksasa, di sebuah  galaksi yang jauhnya hampir  empat milyar tahun cahaya  dari Bumi.
Dalam foto ini terlihat  sebuah pemandangan  spektakular, dimana puing- puing bintang ditelan oleh  lubang hitam yang sebelumnya  belum pernah diamati para  astronom.
black hole swallowed a star
Kebanyakan galaksi mempunyai  lubang hitam super besar,  atau sebuah wilayah ruang  angkasa yang menyedot segala  sesuatu didekatnya dengan  gaya tarik gravitasi mereka  yang kuat. Dan pada inti  lubang hitam ini terdapat  jutaan atau bahkan milyaran  matahari.
Penghancuran bintang itu  terlihat oleh Teleskop Swift  pada Maret, setelah  mengembara terlalu dekat  dengan lubang hitam  tersebut.
Dr David Burrows dan tim  ilmuwan di Pennsylvania  State University mengatakan  analisis kimia dari  pertunjukan sinar  ultraviolet tersebut berasal  dari bahan yang tersedot ke  lubang hitam berukuran  jutaan matahari.
"Kami menyimpulkan telah  menangkap permulaan  aktivitas jet relativistik  dari lubang hitam super  besar." tulis grup tersebut.
Peristiwa sebuah bintang  ditelan oleh lubang hitam  hanya terjadi sekali setiap  seratus juta tahun dalam  sebuah galaksi. Lubang hitam  tersebut sekarang diyakini  menjadi lebih kuat karena  massa tambahan dari bintang  yang tertelan.

Sumber : dailymail

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine