Enigma, Mesin Pengkodean yang Digunakan Nazi Pada Perang Dunia II Akan Dilelang





Rare: Am original enigma decoding machine similar to this one is to be auctioned
Sebuah perangkat pengkodean yang digunakan oleh Nazi dalam perang dunia kedua untuk mengenkripsi pesan akan dijual akhir bulan ini di sebuah lelang pada 29 september.
Mesin Enigma tiga rotor ini digunakan oleh militer Jerman untuk mengirim pesan tersembunyi, sebelum kode itu berhasil dipecahkan oleh Bletchley Park Complex.
Meskipun ada ribuan mesin seperti ini, namun sangat jarang menemukan salah satu dari mesin ini yang dijual.
"Sangat jarang sebuah mesin seperti ini untuk dijual," tutur James Hyslop kepada CNN.
Mesin ini awalnya diproduksi oleh sebuah perusahaan Belanda untuk penggunaan komersial setelah Perang Dunia Pertama, Enigma adalah mesin yang paling canggih dari jenisnya dan membuka jalan untuk sistem komputer modern.
Important: A team of cryptologists, linguists, scientists and data analysts are credited with shortening the war after cracking the code used by Enigma machines

Menggunakan sistem yang rumit dari rotor, mesin ini akan menyandikan pesan sebelum mengirim mereka melalui kode Morse ke mesin lain.
Jika mesin penerima telah diprogram dengan pengaturan yang sama yakni satu dari 158 juta kombinasi, maka pesan tersebut akan diuraikan.
Hyslop mengatakan kepada CNN bahwa teknologi itu dibeli untuk penggunaan tunggal oleh militer Jerman pada tahun 1929, dan dipercaya bahwa kode yang digunakan oleh mesin tersebut mustahil untuk dipecahkan.
Namun tim ahli kriptologi, ahli bahasa, ilmuwan dan analis data di Bletchley yang dipimpin oleh matematikawan Inggris Alan Turin, mampu memecahkannya. Pada puncaknya tim itu berhasil memecahkan 6.000 pesan Jerman yang dienkripsi Enigma setiap harinya. dan diberikan kredit karena berhasil memperpendek perang dua tahun tersebut.
Pada bulan November tahun lalu, rekor dunia harga untuk satu mesin ini yang dijual di lelang adalah sebesar 67.250 pound (930 juta), dan diharapkan hasil pelelangan mesin Enigma kali ini dapat melampaui nilai tersebut.





sumber :http://www.berita.manadotoday.com/enigma-mesin-pengkodean-yang-digunakan-nazi-pada-perang-dunia-ii-akan-dilelang/8492.html

 

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine