Dua Prodi ITB Siap Raih Akreditasi Internasional

http://goyogyakarta.files.wordpress.com/2010/12/65133_kampus_itb.jpg

Dua program studi (prodi) yakni Teknik Fisika dan Teknik Kimia ITB ditargetkan memperoleh akreditasi internasional dari Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET).

Sebelumnya, dua prodi yakni Teknik Elektro dan Teknik Kelautan ITB sudah memperoleh akreditasi ABET Amerika Serikat.

"Teknik Fisika dan Teknik Kimia yang telah mengirimkan dokumen evaluasi diri ke ABET untuk dikunjungi pada November 2011 ini," ujar Ketua Tim Akreditasi ABET Muslim Muin saat sesi jumpa pers di Ruang Rapim A Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari Kota Bandung, Senin (12/9/2011).

ABET sendiri merupakan federasi yang terdiri atas 30 organisasi profesi dalam bidang teknik. Untuk melaksanakan akreditasi, ABET memiliki evaluator yang merupakan anggota organisasi profesi yang berasal dari industri dan dunia akademi.

http://1.bp.blogspot.com/-KNeB0teR4Xc/Tm5ZoH-UZeI/AAAAAAAAA0A/Ig-OV-VfD9U/s1600/Capture.JPG


Setidaknya ada 4 komisi akreditasi di ABET sendiri, yakni Applied Science Accreditation Commision, Computing Accreditation Commision, Engineering Accreditation Commision, dan Technology Accreditation Commision.

"Keempat bidang tersebut jelas merupakan bidang spesifik di ITB. Jadi memungkinkan seluruh prodi di ITB diakreditasi ABET," tambahnya.

Berdasarkan data 2010, ABET telah melakukan akreditasi terhadap 3.256 prodi. Khusus untuk di Indonesia, dua prodi di ITB yakni prodi Teknik Kelautan (KL) Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB dan prodi Teknik Elektro (TE) Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB merupakan yang pertama meraih akreditasi ITB.

"Ini untuk menciptakan engineering di Indonesia punya kualifikasi sama dengan engineer dari luar negeri dalam menyambut era globalisasi. ITB akan berupaya untuk menjadi pionir sekaligus meningkatkan standar kualitas engineering," tegasnya. [gin]


sumber :http://www.inilahjabar.com/read/detail/1773600/dua-prodi-itb-siap-raih-akreditasi-internasional

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine