STANLEE RABIDIN, Penyanyi Suriname yang Mbikin Lagu Tentang Budaya Jawa Gan! (salut)




http://suriyanto.net/pics/imageskl/stanlee_rabidin_idjen_wae_2000_klein.jpg
Sebenernya ini udah ane post di cinta indonesiaku gan, tapi karena sepi jadi ane pindah ke sini aja...

Ane mau sekedar sharing info masalah budaya Indonesia di luar negeri nih. Bikin salut dan terharu dalam waktu bersamaan gan.

Kebetulan ane suatu hari jalan-jalan di yutub, pas iseng tiba-tiba ada sebuah video jawa suriname di bagian suggestion. Ane buka deh, dan jreeennnggg
 

Gila gan, sebuah lagu berbahasa Jawa yang keren banget gan, musiknya pake gaya pop modern gitu pula.

Yang nyanyi ini seorang penyanyi bernama Stanlee Rabidin, seorang penyanyi asal Suriname (negara Amerika Latin yang 15%nya orang Jawa). Dan lagu ini kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia isinya nggak main-main gan, tentang pentingnya menjaga budaya sebagai jati diri, karena kalo kita lupa sama asal-usul kita, kita bakal celaka dalam hidup. Dan lagi gan, bayangin, si Stanlee yang hidupnya bermil-mil jauhnya dari tanah Jawa itu sempet juga nyindir pemuda Jawa yang kehilangan jati diri budayanya dalam lagu ini

Nah, beliau ini juga bukan seniman sembarangan, Stanlee ini udah nyanyi dan bikin album mulai tahun 1992, bahkan sekarang nih orang udah hijrah ke Belanda sampe bikin situs pribadinya gan (hebat nih!) Dan lagi, beliau juga pernah nyanyiin lagu "Widuri" punyanya om Brury Pesulima plus mbikin sebuah lagu berjudul "Malioboro" tentang keindahan Jogja di malam hari. (bangga nggak sih?)

Stanlee juga udah friend sama ane gan di Fesbuk, malah kita lumayan sering chat dulu, dia sering tanya masalah macem-macem ttg Indonesia gan, kaya pas Merapi meletus dulu. Dia juga seneng banget gan waktu ane bilang kalo ane suka banget lagunya 

Nih gan kalo mau liat videonya, buat agan-agan yang bisa bahasa Jawa mungkin langsung ngerti deh



Info lagi gan, Stanlee ini punya mimpi bisa manggung di Indonesia, cuma terkendala di promotor, barangkali bagi agan-agan yang punya kenalan promotor bisa mbantu. Kan bagus gan sekalian ngasih pembelajaran ke anak-anak Indonesia buat cinta sama budaya lokal

Masak kita yang tinggal di Indonesia kalah sama orang yang bahkan nggak lahir di tanah leluhurnya? Ayo bersama kita lestarikan budaya Indonesia!


Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine