Institut Tokyo Pecahkan Rekor Unduh Data Tercepat, 109 Terabits per Detik


Rekor dunia baru untuk mengunduh data tercepat akhirnya terpecahkan. Rekor ini ditorehkan oleh National Institute of Information and Communications di Tokyo yang baru-baru ini berhasil mengembangkan serat yang menggunakan tujuh "light-guiding cores," bukan single core seperti pada umumnya.

Masing-masing core itu mampu membawa data 15,6 terabity per detik, sehingga jika digabungkan kemampuannya ketujuh core itu menjadi 109 terabyte.

Rekor tercepat kedua dibuat Dayou Qian dari NEC, yang mencapai 101,7 terabyte per detik. Metodenya tidak menggunakan lebih banyak core, tapi menciptakan dorongan (pulse) yang dikirim dari 370 laser yang terpisah.

Tiap laser itu berisi paket informasi kecil tapi digabung untuk membentuk transfer data yang besar. Dayou menggunakan serat sepanjang 165 kilometer untuk memeragakan aksi transferdata super cepatnya itu.

Meski kapasitas ini mungkin kita belum perlukan di rumah, pusat-pusat data besar seperti milik Amazon, Facebook, dan Google perlu mempertimbangkan penggunaan teknologi ini untuk mempercepat transfer datanya apalagi di tengah meningkatnya trafik penggunaan Internet.

sumber : http://www.teknoup.com/news/8208/ins...its-per-detik/

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine