Hati-hati Sering Cuci Tangan Bikin Kulit Cepat Menua?


TAK hanya wanita, pria pun menghindari penuaan. Proses penuaan memang alami dan wajar. Tapi bila ada pilihan lain untuk tampil segr dan menarik, tentunya Anda tak akan menolak, bukan?
Banyak hal yang mempercepat penuaan. Lima faktor berikut temasuk umum:

Malas

Jangan dikira jika Anda tidak menggerakkan otot-otot wajah dan tubuh, maka Anda akan lebih awet muda. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat memutar balik proses penuaan pada gen kita.

Beraktivitas mampu memudakan kembali otot-otot tubuh, mengurangi efek dari stres di sistem imun kita, memperbaiki sirkulasi dan aliran darah yang membuat proses regenerasi sel menjadi semakin lancar.
Sering cuci tangan

Usia seseorang sebenarnya paling terlihat dari kulit telapak tangannya. Sering mencuci tangan dengan sabun bisa membuat kulit kering. Apalagi jika Anda tidak menggunakan lotion di punggung tangan.

Oleh karena itu, gunakan sabun dengan moisturizer dan jangan lupa memakai lotion di punggung tangan.
Menggosok berlebihan

Banyak orang berpikir kulit yang paling luar ini adalah sumber kulit mati dan kotoran, sehingga penggosokan dan scrubbing ketika mandi sering dilakukan secara berlebihan.

Padahal, penggosokan berlebihan dan 'mencuci' kulit dengan air panas bisa menghilangkan minyak alami kulit yang bertugas sebagai lapisan pelindung. Belum lagi luka dan iritasi yang bisa timbul karena penggosokan yang berlebihan.
Makanan yang buruk

Proses penuaan yang terjadi seringkali justru dipicu oleh makanan. Diet ketat menghindari lemak berakibat pada kulit yang kering dan kurang lentur.
Demikian pula dengan konsumsi rendah buah dan sayur akan menghambat produksi kolagen dan mengurangi asupan anti oksidan, si penangkal radikal bebas sumber penuaan.
Anti sunglasses



Jangan ragu untuk mengenakan kaca mata hitam atau sunglasses. Kulit di area mata tidak bisa diberi sembarang krim atau perlindungan lainnya karena ketipisannya. Satu-satunya perlindungan adalah dengan menghindari paparan sinar matahari pada area mata, yaitu dengan menggunakan sunglasses anti UVA dan UVB.
Kini Anda sudah mengetahuinya. Saatnya menghindari kelima hal ini dengan gaya hidup yang lebih baik. Kulit muda lebih lama? Bisa kok!

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9723544

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Angka 21 • Design by Dzignine